Pelatihan Tahap Pra analitik Pemeriksaan Laboratorium & Point Of Care Testing (POCT)

Pelatihan Tahap Pra analitik pemeriksaan laboratorium adalah pembelajaran dan pelatihan terkait alur dan prosedur pelayanan laboratorium untuk mempersiapkan bahan pemeriksaan sebelum dianalisa dalam layanan test Patologi klinik dan mikrobiologi yang diambil melalui tindakan plebotomi serta mempertimbangkan manajemen Intra vena . Sedangkan pelatihan terkait Point Of Care Testing (POCT) adalah kegiatan pembelajaran penggunaan alat, cara pemeliharaan serta mengatasi troubleshooting alat POCT, khususnya pada kegiatan ini terbatas pada alat pemeriksaan gula darah.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pengelolaan pemeriksaan laboratorium , meningkatkan ketrampilan serta pengetahuan petugas terkait dengan tahap pra analitik di bidang laboratorium, tindakan plebotomi dasar, manajemen intra vena serta pengelolaan alat POCT glukometer guna mendukung tercapainya validitas hasil pemeriksaan laboratorium serta mempersiapkan adanya pengembangan layanan baru di bidang mikrobiologi di RSUD dr.Sayidiman Magetan.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari tgl 29-30 Mei 2024 dengan kapasitas peserta 60 orang per hari. Sasaran dari kegiataan ini adalah perwakilan perawat/bidan dari tiap shift di ruangan rawat inap serta klinik rawat jalan dan analis teknologi lab medik dengan total peserta berjumlah 110 orang.

Dengan adanya kegiatan peningkatan kompetensi petugas ini, diharapkan akan dapat meningkatkan mutu layanan pemeriksaan serta sebagai bagian dalam rangka upaya menjamin keselamatan pasien yang nantinya akan mampu meningkatkan kepuasan pelanggan internal maupun eksternal terhadap pengguna layanan pemeriksaan Laboratorium. di RSUD dr.Sayidiman Magetan.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Terima kasih telah menghubungi WhatsApp Center RSDS

Pesan akan di balas di jam kerja Senin-kamis jam 08.00-15.30 Jum’at jam 08.00-14.30

× Informasi & Layanan Pengaduan