Penyuluhan Asam Urat ( Gout Arthritis ) RSDS

Selasa, 23 April 2024 dilaksanakan penyuluhan di poliklinik syaraf tentang Asam Urat oleh mahasiswa Polkes Surabaya didampingi ahli Nutrisi RSUD dr. Sayidiman Ibu Analia, A.Md.Gz.

Penyakit asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki. Penyakit asam urat dapat menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Kadar asam urat dalam darah dikatakan tinggi apabila jika kadar asam urat lebih dari 7 mg/dl pada laki-laki dan 6 mg/dl pada perempuan.

Faktor penyebab asam urat diantaranya faktor genetik, pola makan, alkohol, obesitas, minuman soft drink, obat – obatan tertentu, usia jenis kelamin, tekanan darah, aktivitas fisik. Pasien dengan asam urat perlu memperhatikan pola makan dengan tujuan mengurangi jumlah asam urat dalam darah. Makanan yang dianjurkan segala jenis makanan pokok, telur, susu skim/ susu rendah lemak, wortel, labu siam, kacang panjang, terong, pare, gambas, segala macam buah dan semua macam bumbu secukupnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Terima kasih telah menghubungi WhatsApp Center RSDS

Pesan akan di balas di jam kerja Senin-kamis jam 08.00-15.30 Jum’at jam 08.00-14.30

× Informasi & Layanan Pengaduan