Penyuluhan Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) dan Anemia pada Ibu Hamil

Kamis 30 November dilaksanakan Penyuluhan Pemberian Makan Bayi dan Anak (PMBA) dan Anemia pada Ibu Hamil di klinik anak dan klinik kandungan oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pemberian makan bayi dan anak merupakan serangkaian proses untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi ketika ASI saja sudah tidak mencukupi, sehingga pemberian ASI perlu disertai dengan makan pendamping ASI. Pada usia 0-6 bulan anak dianjurkan hanya diberikan ASI, kebutuhan gizi bayi dapat tercukupi walaupun hanya dengan pemberian ASI. Pada usia 6 bulan anak harus diberikan MPASI karena ASI sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.Tahapan pemberian MPASI anak usia 6-9 bulan diberikan bubur saring, contoh : bubur susu, bubur sum sum, pisang saring dan lainnya yang bersifat halus. Usia 9-12 bulan diberikan bubur yang tidak disaring dan lauk cincang, contoh : bubur tim. Usia diatas 1 tahun sudah bisa diberikan makan dengan menu dan tekstur yang biasa dimakan oleh keluarga.

Pengertian Anemia adalah kondisi dimana sel darah merah tidak mencukupi kebutuhan fisiologis tubuh. Anemia pada kehamilan ditegakkan apabila kadar hemoglobin (Hb) <11 g/dL. Penyebab anemia yaitu pola makan yang kurang beragam dan bergizi seimbang, kehamilan yang berulang dalam waktu singkat. Resiko anemia pada ibu hamil asupan gizi pada janin terhambat, abortus, bayi lahir prematur, berat bayi lahir rendah dan pendek (stunting), pendarahan saat atau setelah persalinan. Untuk mencegah anemia makan makanan yang bernutrisi dan bergizi tinggi khususnya yang kaya zat besi (Sapi atau unggas) dan asam folat, mengkonsumsi vitamin c dan suplemen.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Terima kasih telah menghubungi WhatsApp Center RSDS

Pesan akan di balas di jam kerja Senin-kamis jam 08.00-15.30 Jum’at jam 08.00-14.30

× Informasi & Layanan Pengaduan