Penyuluhan Infeksi Saluran Kencing (ISK) Pada Anak

Jumat,12 Oktober 2023 dilaksanakan penyuluhan di ruang tunggu poli klinik anak tentang Infeksi Saluran Kencing (ISK) pada anak.

Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah suatu keadaan dimana kuman atau mikroba tumbuh dan berkembang biak dalam saluran kemih.

Penyebab utama Infeksi Saluran Kencing (ISK) adalah karena adanya jamur, virus dan bakteri yang masuk kedalam saluran kencing, kebersihan alat vital yang kurang baik, popok basah dan kotor, sisa urin dalam kandung kemih akibat pengosongan kandung kemih yang kurang efektif, sering menahan kencing, kurang minum air putih.Berikut ini Tanda dan gejala ISK antara lain buang air kecil terlalu sering dan tidak tuntas, nyeri di area perut bawah, saat buang air kecil kesakitan, pembengkakan saluran kemih, nafsu makan menurun, demam dan terkadang menggigil, urin cenderung keruh. Untuk pencegahan ISK ajari buah hati membersihkan kemaluan dengan arah depan ke belakang bagi perempuan dan keringkan terlebih dahulu , pada bayi atau balita sesering mungkin ganti popok, biasakan anak minum air putih, lakukan toilet training sejak dini dan pilihlah bahan celana katun yang longgar. Selanjutnya untuk perawatan ISK berikan anak obat yang diresepkan dokter, ukur suhu anak bila terjadi demam, pantau frekuensi buang air kecil anak, berikan kompres air hangat pada bagian perut untuk mengurangi rasa tegang pada kandung kemih.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×

Terima kasih telah menghubungi WhatsApp Center RSDS

Pesan akan di balas di jam kerja Senin-kamis jam 08.00-15.30 Jum’at jam 08.00-14.30

× Informasi & Layanan Pengaduan